Check dulu

SEO Reports for ishmaryam.blogspot.com Pagerank

Jumat, 26 April 2013

Filled Under: ,

Cara Belajar yang Asyik dan Mudah Paham

belajar sharing
Oke, Ishma mau tuker-tukeran pengalaman mengenai cara belajar supaya cepat paham, cepat tangkap, cepat ngerti, cepat hapal dan cepat-cepat yang lainnya.
Sebenarnya satu kunci dari Ishma
Mau belajar sambil duduk, tiduran sampe guling-guling

"Yang Penting SENANG"
atau
"Yang Penting Happy"
Iya 'kan?
Iya dongg...

Berikut cara-caranya..

  1. Cobalah Cari Tempat yang Santai dan Nyaman Buat Sobat                                                             Ishma sih sering belajar kalo gak di ruang tamu, di teras samping. Ishma menghindari bener belajar di  kamar, alih-alih belajar Ishma malah molor.
  2. Pilih Posisi yang Wuenak Alias PW                                                                                                        Salah satu alasan Ishma pilih  teras samping kalo lagi belajar karena banyak posisi yang bisa dipilih. Paling sering sih posisi tengkurep sambil ditemani semilir angin gitu.. Nyamannya...
  3. Jangan Jadikan BEBAN                                                                                                                    Jika dari awal udah dijadikan beban sampai akhir juga jadi beban, hingga hasilnya pun bakal jadi beban. Salah satu pelajaran yang Ishma dapat dari film India yang judulnya '3 Idiot', salah satu tokohnya bicara tentang rasakanlah ilmu itu mengalir... Yup! Coba rasakan ilmu-pelajaran sebagai sesuatu yang mengalir  tenang dalam tubuh kita, ra-sa-kan...
  4. Mau Ditulis Ulang? Hayyok..                                                                                                                 Ada tipe orang yang lebih suka menulis daripada membaca, untuk tipe yang seperti ini menurut Ishma lebih baik  cara belajarnya dengan "baca-ingat-tulis" Bacanya sekilas aja, usahakan dengan bantuan 'warna'  kenapa warna? karena otak lebih bisa mengingat sesuatu yang  memiliki warna. Ingat, mengingatnya gak usah lama-lama sama seperti membaca, cukup sekilas aja. Terus sediain kertas dan mulailah menulis, tulis semua yang sobat ingat tentang pelajaran tersebut, tulis-dan-tulis. Jika menurut sobat cukup berhentilah  mau dipaksa juga percuma.. Setelah ini sobat bakal tahu bagian mana yang sobat belum terlalu paham dan  bagian mana yang sobat paham betul, habis ini? tentu pelajari bagian yang belum dipahami lalu tulis..
  5. Rekaman yuuk                                                                                                                               Rekaman ini gak cuman buat sobat-sobat yang suaranya bagus ko..  Saat belajar kalo sobat sudah paham apa yang  dipelajari coba sobat rekam suara sobat dimana aja, hp, atau apalah, terserah.. Tapi buat yang  belum paham lihat aja catatannya, rekamlah sesuai bahasa sobat, gak usah terpacu sama yang di buku  ampe titik komanya hapal juga. Setelah itu coba sobat dengerin dan ikutin, kalau sobat udah pada mau tidur, terus dengerin rekaman itu, karena saat kita menjelang tidur ada saat dimana otak menyerap semua yang tubuh dengar. Jadi kesimpulannya pelajaran yang kita rekam tadi bisa masuk ke otak kita dengan sendirinya saat mau tidur, Eits! Tapi ini bukan berarti sobat bisa rekaman sepuasnya terus langsung tidur sambil dengerin tuh rekaman, kembali-bahwa-sobat harus belajar dahulu sebelumnya.
  6. Ingat! Ini Bukan Soal Hapal, Tapi PAHAM                                                                                    Hapal dan paham sangat berbeda loh, kalau hapal kita gak paham tapi kalau paham InsyaAllah kita hapal. Coba bayangin ada 3 bab dari suatu pelajaran yang harus kita hapal untuk ulangan, tentu bagi orang yang mudah menghapal tak sulit menghapal ini sekalian sama titik komanya, tapi begitu ditanya secara nalar, orang tersebut tidak bisa menjawab karena orang tersebut sekedar hapal. Dan hapalan itu tidak berfungsi untuk ke depannya. Berbeda dengan paham, kalau kita paham intinya saja maka soal dalam bentuk apapun tak akan terlalu sulit, karena pada dasarnya kita paham.
  7. Life Isn't a Movie!                                                                                                                               Hehe, ini salah satu semboyan iklan asuransi, tapi saya suka dengan kata-kata ini, karena memang hidup idaklah sama dengan film-film yang kita tonton, ada superman yang siap sedia selalu ketika ada yang teriak minta tolong, setiap kesusahan akan  ada pertolongan dari cowok yang disukai, atau ada ibu bidadari yang bisa ngabulin apa aja yang dimau. Jiaahh.. Bangun sob~ Life Isn't a Movie! Kesuksesan itu Hasil Dari Kegagalan. Jadi mari kita banyak-banyak gagal tanpa menyerah untuk meraih kesuksesan yang indah.


Selamat  Sukses Sob!

maryam ishmatullah

Author & Editor

Vakum sementara karena udah kelas 3 SMA ^^.

25 opini:

  1. thank gan buat ade saya nih patut dicoba

    BalasHapus
  2. Mungkin dengan suasana yang nyaman pelajaran yang tidak suka sekalipun bisa di atasi. tips nya patut di coba. niche blog di tunggu kunjungannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih dan selamat mencoba kang :) oke.. segera

      Hapus
  3. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya
    anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi
    anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada
    waktu saya akan berkunjung lagi.
    ditunggu kunjungan baliknya :D
    jangan lupa Follow back & Commant back ia
    buat tambahan nilai softskill saya... makasih
    http://rizkyadipranata04.blogspot.com/2013/04/teori-organisasi-umum-2-biaya.html
    #Semoga sehat selalu :D
    di tunggu janjinya gan di blogwalking kb/20 follow back n comant back

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ntar saya melayang nih...
      Hehee,
      Terimkasih atas kunjungannya :)
      segera saya kunjungi blognya..

      Hapus
  4. menarik dan patut dicoba ..
    terima kasih tipsnya sangat bermanfaat :-bd

    BalasHapus
  5. @Nadia Intan: ALhamdulillah, terimakasih, mba punya blog kah? biar bisa BW :D

    BalasHapus
  6. Bisa dicoba nih untuk UKK nnti :D

    BalasHapus
  7. yang poin kedua iku mbak pas banget sama aku ada lagi poin lain
    pokoknya enak itu belajar sambil murep (tengkurep), dengerin musik, ditulis lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. *duh! Ishmah ga pernah lagi lihat-lihat post yang ini *gatahanmalunya :D

      wokkelah

      #ulang lagi "kak rahma co cuiit deh, komennya sampai ke sini *tungguIshmahyahdirumahnyakakrahma :)"

      Hapus
    2. wahaha co cuit apanya dek?soalnya ada yg menarik dbaca ya jadi dibaca aja :P

      Hapus
  8. Saya kira : si mbak pilih point nomer 2 'teras samping' supaya bisa belajar sambil cuci mata,,_
    hehe :-p

    BalasHapus
    Balasan
    1. nenk bagi artikel ini waktu kelas berapa?

      Hapus
    2. iya... mungkin itu juga termasuk :P


      sebenarnya ishmah tuh malas banget kalau harus baca ulang artikel ishmah yg tempoe doeloed.. maku-malu-in :D

      mungkin ini kelas 2 smp :)

      Hapus
  9. Jiaaaah, ternyata adik cantikku ini MOTIVATOR ULUNG juga... hahaha. Bagus bangeet. Kamu cucok beet jadi pengajar dan pendidik dik Ishmah. Semoga sukses di kehidupan nyata ya dik, bukan di Movie.. hehehe..

    Setuju banget : Belajar jangan jadi beban, bersenang-senanglah dengan belajar. Bahkan di dunia kerja pun ini berlaku. Seperti Thomas Maslow bilang "Bekerja itu identik dengan Bermain", lakukan dengan senang hati..!!.
    Nambah ah.. : "Trainning is Never Ending Action". Sampai berhasil.

    Terim kasih.

    BalasHapus
  10. Wah, mantep tips cara Belajar yg asyik dan mudah paham ... ntar saya praktekin ah kalo mau belajar xixii .... :-) makasih ya Ishmah atas Tips nya :)

    BalasHapus
  11. kalo sambil dengerim musik itu termasuk ga ya hehehe

    BalasHapus
  12. Keren, patut dicoba. Nice blog gan (y) (y) (y). Kunjung balik ya ke ratucindyasblog.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Keren saya coba yg no 4 bisa hafal banyak dan cepat keren banget baru coba no 4 klo semua bisa jadi pintar sekali sangat membantu

    BalasHapus
  14. Keren saya coba yg no 4 bisa hafal banyak dan cepat keren banget baru coba no 4 klo semua bisa jadi pintar sekali sangat membantu

    BalasHapus
  15. Keren saya coba yg no 4 bisa hafal banyak dan cepat keren banget baru coba no 4 klo semua bisa jadi pintar sekali sangat membantu

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengerin lagu/rekaman terus tidur ......

    BalasHapus
  17. Saya setuju dengerin lagu/rekaman terus tidur ......

    BalasHapus
  18. KEREN!! MAKASIH... MAU TAK COBA

    BalasHapus

Jangan bosan untuk berkunjung dan memberikan saran buat Ishma, yah! :)

 

Testing dulu:

  • Copyright © Bimualir™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.