Check dulu

SEO Reports for ishmaryam.blogspot.com Pagerank

Sabtu, 22 Juni 2013

Filled Under:

Kumpulan Peribahasa Berdasarkan Kata Kunci

belajar



Bimualir-Oke, di tengah-tengah harga yang membumbung ke angkasa, terutama angkot (kalau pelajar kaya Ishma yang terasa bagian angkotnya) kita perlu pegangan agar terus kuat menghadapi dunia yang keras ini, salah satunya dengan peribahasa ‘?’ *kokanehya?

Lanjut saja, di postingan kali ini Ishma bakal posting tentang peribahasa dan maknanya pasti, yang diurutkan berdasarkan kata kuncinya (keyword).

Berikut:

Abu
Berdiam diri di abu yang dingin ->Meminta pertolongan pada yang tak bias menolong.
Kalah jadi abu menang jadi arang -> menang kalan sama-sama rugi.
Terpegang di abu yang hangat -> baru mengerjakan sesuatu sudah mendapat kemalangan.

Ada
Ada udang di balik batu -> mempunyai maksud tertentu.
Harap pada yang ada, cemas pada yang tiada -> orang yang kurang sabar.
Ketika ada jangan dimakan,telah habis maka dimakan -> jangan menghambur uang, agar kelak tidak menyusahkan diri sendiri.

Adat
Adat rimba raya, siapa berani ditaati -> orang yang tidak menggunakan akal tetapi hanya mengandalkan kekerasan.
Hidup dikandung adat, mati dikandung tanah ->kita hidup hendaknya enurut adat yang baik.
Habis adat karena rela -> adat atau kebiasaan dapat diubah melalui persetujuan bersama.

Adu
Mengadu ujung penjahit -> menguji kecerdasan masing-masing.

Air
Air beriak tanda tak dalam -> orang yang banyak bicara biasanya kurang pandai.
Air tenang menghanyutkan -> orang yang sedikit bicara biasanya pandai.
Air susu dibalas air tuba -> Kebaikan dibalas kejahatan.

Ajal
Sebelum ajal berpantang mati -> kematian seseorang merupakan kehendak Tuhan.

Ajar
Berguru kepalang ajar bagi bunga kembang tak jadi -> belajar sunguh-sungguh, jangan setengah-setengah.


Akal
Akal tak sekali dating, runding tak sekali tiba -> tidak akan terus sempurna, tetapi berangsur-angsur.
Akal akur berpulas tak patah -> orang cerdik tak akan kehabisan akal.
Lubuk akal tepian ilmu -> orang pandai tempat bertanya.


maryam ishmatullah

Author & Editor

Vakum sementara karena udah kelas 3 SMA ^^.

16 opini:

  1. Iya nih, anhkot naik, BTW makasih info tntang pribahasanya :)

    BalasHapus
  2. Pribahasa ini penting dipelajari sejak saat SD, jika sudah dewasa, akan berarti obrolan kalo pake pribahasa.

    BalasHapus
  3. @all about indonesia: iya sih, sejak kecil ya? tapi gak ada salahnya juga dipelaari sekarang buat yang SDnya belum begitu memahami

    BalasHapus
  4. Lepas ni boleh la Giorgio belajar bahasa Indonesia dari Cik Maryam ya?... (^_^)

    BalasHapus
  5. @Giorgio Izas: boleh boleh Giorgio :) lepas tu maryam yang belajar bahasa melayu dari giorgio..:)

    BalasHapus
  6. Kalau peribahasa saya pake peribahasa bahasa indonesia aja mba...
    Udah lumayan komplit...
    Visitback FOXSSHARE Thanks

    BalasHapus
  7. siip lah, tanpa peribahasa tak akan ada bahasa :D

    > Di malam penuh bintang dengan rembulan yg terang ini, aku mampir ke sini. tak lain aku dan mereka hanya ingin berkomentar dan mengucapkan selamat malam pada mbak maryam pmilik bimualir. heheh :)

    BalasHapus
  8. @surya ilhamsyah: wah kayanya mas Surya di setiap komenannya ada aja puisinya :) terus berkarya sob :)

    BalasHapus
  9. Saya kenal dr AAI nih.. salam kenal ya...

    *btw congrats atas award-nya... :)

    BalasHapus

Jangan bosan untuk berkunjung dan memberikan saran buat Ishma, yah! :)

 

Testing dulu:

  • Copyright © Bimualir™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.