Check dulu

SEO Reports for ishmaryam.blogspot.com Pagerank

Kamis, 11 Juli 2013

Filled Under:

Murokaz Quran Ramadhan 1434

islami

Petanyaan pertama, apa sih murokaz itu? Ehm, jadi arti secara bahasanya adalah pemusatan. Pemusatan kepada apa? kepada Quran tentunya. Murokaz lebih sering dijumpai di 3 hari awal ramadhan, dan untuk yang tidak mau ikut tidak ada denda sama sekali, kesimpulannya InsyaAllah semua yang datang lillahita'ala (ikhlas karena Allah semata).

Lantas apa saja yang dilakukan selama kita mengikuti kegiatan murokaz? Selama murokaz kita benar-benar  mengoptimlakan waktu untuk tilawah Al-Quran. Datang diusahakan jam 8 lalu bagi yang mau berbuka puasa  di tempat silakan, InsyaAllah disediakan.

Biasanya dalam Murokaz Quran targetnya 3 hari 30 juz alias khatam. Eits, bukan tidak mungkin loh sobat, buktinya ada yang hanya dalam waktu 2 hari sudah khatam. Namun bagi yang belum kesampaian khatam dalam 3 hari tersebut lagi-lagi tidak dikenai denda.

Pelaksanaan murokaz sendiri rata-rata di masjid. Tahun lalu Ishma mengikuti murokaz di Masjid Istiqomah, Bengkulu. dan Tahun ini di Masjid PonPes Nurul Fikri yayasan Al-Fida Bengkulu. Luar Biasa peminatnya, kalau puncaknya sekitar jam 09.00-seterusnya masjid bisa penuh baik perempuan maupun laki-lakinya.

Hari ini sudah hari kedua, dan Ishma membuat target 30 juz besok, (aamiin) gimana dengan sobat? mau berapa kali khatam ramdhan ini?

Jika belum ada yang ngadain murokaz seeprti ini sobat bisa ngadain sendiri lo, karena berjamaah lebih baik, membuat kita lebih bersemangat. Tapi jika ada, jangan sungkan untuk bergabung, karena biasanya terbuka untuk muslim.

maryam ishmatullah

Author & Editor

Vakum sementara karena udah kelas 3 SMA ^^.

37 opini:

  1. di kampung saya udah dilaksanain mbak :D :D

    BalasHapus
  2. saya belum kesampaian tuh 3 hari khatam

    BalasHapus
  3. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    BalasHapus
  4. wah selamat berpuasa ya..
    visit me back..

    BalasHapus
  5. xV ooo jadi begitu. terima kasih atas informasinya :-bd

    BalasHapus
  6. You should be a part of a contest for one of the highest quality sites online.
    I'm going to recommend this website!

    Here is my blog post - background music for flash presentation free download :: ::

    BalasHapus
  7. saya yg tinggal di kampung, yg katanya lumbung ulama, kok gak pernah lihat yg beginian. malah sepi2 banget. mending kita mulai ngaji di rumah masing masing dulu ya, yg penting ibadahnya nyampai dan bernilai di sisi Allah. saling doakan ya dek

    BalasHapus
  8. Hmmm murokaz ya..
    Kalau kata ustad saya khatam Al-Qur'an minimal 3hari.. kalau kurang dari itu sebaiknya jangan..
    Kalau menurut Nabi kan sebaik-baik amalan yang kontinu, walau sedikit Insyaallah tiap hari ^_^

    BalasHapus
  9. wah salut dengan aktivitas ramadhan-nya ishma, positif dan banyak mendapat pahala, pertahankan dan mari mendapatkan pahala di bulan ramadhan ini. selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  10. ooh,, faham ane skrg..
    trus, bedanya sama tadarus apa y mbak ?

    BalasHapus
  11. Pertama Kali Giorgio dengar perkataan Murokaz ni...
    Is it adapted from Arabic language?

    BalasHapus
  12. @mangyono: semoga ntar2 kesampian ya mas :) Ishma juga jadi molor~ buknan3 tapi 4 hari jadinya *malueuy

    BalasHapus
  13. @BlogS Of Hariyanto: wah okeke2 tidak ada salah slah ko, IShma juga ya :)

    BalasHapus
  14. @DS-Blog: oke, selamat berpuasa juga, segera :D

    BalasHapus
  15. @Rusydi Hikmawan: oohh.. gitu toh.. ya mas aja yang ngadain :D sip~ oke aamiin

    BalasHapus
  16. @Wahyu Alfiansyah: iya, ishma juga pernah dengar kisah seorang sahabat~ thanks infonya ya:D

    BalasHapus
  17. @AAI: hhe, makasih ya, aamiin. oke selamat menunaikan ibadah puasa pula dan mohon maaf lahir batin :)

    BalasHapus
  18. @redzone-tm: Alhamdulillah, kalo tadarus lebih ke ngaji sama2 dan gantian, gitu, murokaz ini sendiri2 tapi beraamai2 eh? :D

    BalasHapus
  19. @Giorgio Izas:ow, amcam tu, of course yes Giorgio.. pe kabar? dah ishma tingok vlognya giorgio, jempoll :D

    BalasHapus
  20. @maryam ishmatullah: ohhh... ya ya ya, trimakasih pnjlasannya mbak.. :D

    BalasHapus
  21. di tempat tinggal saya nggak ada tu Mbak, adanya juga semakan Quran, sehabis shalat tarawih sampai jam 11 malam, semalam 1 juz aja. Murokaz mungkin sangat baik untuk mereka yang punya waktu banyak ya, terutama yang lagi cuti kerja atau memang fokus di pondok...tapi kalau untuk kalangan karyawan, masih sangat berat tentunya.

    BalasHapus
  22. Langsung koment perdana dan kunjungan perdana di blog ini ...

    salam kenal mbakk .. :-D
    ★ http://www.adadeny.com

    BalasHapus
  23. @Imron fhatoni: Tempatku belum sepertinya gan ... :-)

    ★ http://www.adadeny.com

    BalasHapus
  24. @masdeny kalau disini udah rame gan mklum orang kampung ngk mau telat :D

    BalasHapus
  25. @khusna khairunnisa: iya di masjid saya juga, yah mungkin begitu, tapi ada juga ko karyawan yang masih menyempatkan diri datang walau hanya sebentar :)

    BalasHapus
  26. @Mas Deny: wah, terimakasih ya atas kunjungannya, semoga bukan yang terakhir :D hehhe salam kenal..

    BalasHapus
  27. @maryam ishmatullah: iiaa mbakk Maryam ...
    Saling silahturahmi ...
    Salam kenal .... :-D

    BalasHapus
  28. udah berapaa kali hatam.. tapi untuk kuning belum sampai fasih :D ..
    semoga bisa di lanjut terus :) .. sampai hafal bahsa arab .. aamiin.

    BalasHapus
  29. udah berapaa kali hatam.. tapi untuk kitab kuning belum sampai fasih :D ..
    semoga bisa di lanjut terus :) .. sampai hafal bahsa arab .. aamiin.

    BalasHapus
  30. Berlomba lomba me.cari kebajikan..salah satunya bisa dg cara ini ya..
    Nice..

    BalasHapus
  31. Hebat... jadi termotivasi ^_^

    BalasHapus
  32. @Miz Tia: hebat2 *prok2 aamiin, ntar kalau udah hapal tingal ajarin Ishma lagi :D

    BalasHapus

Jangan bosan untuk berkunjung dan memberikan saran buat Ishma, yah! :)

 

Testing dulu:

  • Copyright © Bimualir™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.