Check dulu

SEO Reports for ishmaryam.blogspot.com Pagerank

Selasa, 27 Mei 2014

Filled Under:

Kisah Inspiratif: Wanita Paling Mahal Maharnya

islami
Kita barangkali lebih mengenalnya dengan sebutan Ummu Sulaim. Ummu Sulaim atau Rumaisaha' binti Milhan, muslimah inilah yang akan kita telusuri salah satu keistimewaannya kali ini. 

BIMUALIR-Setelah habis masa iddah-hnya  karena sang suami telah wafat, seorang lelaki gagah dengan berani melamar wanita sholehah ini. Abu Thalhah namanya. Seorang penunggang kuda tangguh, Ahli memanah dari Bani Najjar. Duhai! Wanita manapun harusnya begitu sudi dipersunting oleh lelaki semacam ini. Tetapi Ummu Sulaim dengan ketegasannya menolak.


Mari kita simak percakapan mereka..

"Apakah engkau menginginkan emas atau perak?" Abu Thalhah menanyakan apa yang diinginkan sang wanita idaman sebagai mahar
"Tidak! Bahkan saya bersumpah di hadapanmu, wahai Abu Thalhah dan saya bersaksi kepada Allah serta rasul-Nya bahwa jika kamu masuk islam, maka saya ridho engkau sebagai suamiku tanpa emas dan perak dan aku anggap ke-islaman-mu sebagai mahar bagiku."
"Siapa yang mengislamkan aku?" tanya Yazid bin Sahl (Abu Thalhah)
Ini dia! satu-satunya alasan menolak lelaki yang terlihat begitu sempurna ini ialah bahwa ia masih seorang kafir. Melamar seorang wanita sholehah yang begitu teguh keislamannya. Tetapi, kita harus lanjutkan untuk menyimak percakapan mereka, bukan?
"Aku yang akan melakukannya" 
"Bagaimana caranya?"
"Ucapkan kalimat Al-Haq, yaitu engkau bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad SAW adalah utusan Allah. Kemudian engkau pulang ke rumah untuk menghacurkan berhalamu lalu membuangnya jauh-jauh"
Apakah lantas laki-laki yang dikenal  angkuh itu lantas pergi, mencaci, dan memarahi sang wanita sholehah?

Tidak.

Maka Sang Maha Penggerak Hati menggerakkan hati Abu Thalhah, lalu terucaplah kalimat indah itu
"Asyhadu An Laa Ilaaha Illallah, Wa Assyhadu Anna Muhammadan Rasulullah"
Sungguh, langit menyaksikan, bahwa mahar yang paling mahal itu telah diberikan pada Ummu Sulaim.

Kemudian, apakah kisah ini berakhir hanya dengan Abu Thalhah yang Islam KTP?
Semata-mata masuk islam hanya karena ingin mendapatkan seorang perempuan yang diidamkan?

Untuk mengetahuinya, kita harus kembali pada masa-masa Perang Uhud. Ingatkah kita ketika itu kaum muslimin menuruni bukit padahal Sang Nabi belum memerintahkan mereka untuk turun? Sehingga yang tersisa hanyalah sebagian kecil sahabat? Dan di antara pejuang tangguh itu, terdapat seorang  lelaki yang wajahnya menghadap ke arah rasulullah dan menjadikan punggungnya sebagai tameng bagi Sang Rasul. Lelaki itu, tak lain ialah Abu Thalhah. Panah-panah itu menmbus punggung Abu Thalhah, sehingga diakatkan bahwa punggung Abu Thalhah seperti landak. Subhanallah! Allahu Akbar!


Inilah salah satu bukti bahwa
Jika kita mencintai orang yang mencintai Allah... Maka orang itu akan menuntun cinta kita agar bermuara pada kecintaan kepada Allah pula.
Maka sebuah hal yang patut disyukuri ketika para muslimin berkata,
Kami tidak mendengar mahar yang paling mulia melebihi maharnya Ummu Sulaim

 Dialah Ummu Sulaim, yang maharnya paling mahal. Yang maharnya adalah keislaman Abu Thalhah.



maryam ishmatullah

Author & Editor

Vakum sementara karena udah kelas 3 SMA ^^.

29 opini:

  1. Terima kasih mba atas pencerahannya :) Jika kita mencintai orang yang mencintai Allah SWT dan Rosulnya... Maka orang itu akan menuntun cinta kita agar bermuara pada kecintaan kepada Allah SWT pula. ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama, mas Eka.. :) meskipun belum apa2 dibanding mas Eka :)

      Hapus
  2. kisah inspiratif banget mbak,, thanks sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama, mas valentino.. dan makasih juga :)

      Hapus
  3. jika membaca kisahnya cinta itu berasa indah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah.. menjalaninya juga (seharusnya) :)

      Hapus
  4. subhanallah... sgt tinggi mahar beliau... perkongsian yg sgt menarik dan memberi kesan pada diri ini untk jadi muslimah yg lebih baik.. terima kasih for this entry :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah :) you're welcome, kak :)

      Hapus
  5. Pelajaran yang luar biasa hikmahnya bagi kita semua umat islam.

    BalasHapus
  6. dari kisah di atas
    semoga kita bisa mengambil ajaran mulia dan menambah wawasan serta keimanan kita ya mbak
    amin :)

    BalasHapus
  7. Sekiranya bumi dan isinya ditukar dengan mahar ini, maka belumlah seberapa. Ya Allah Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami di atas agama-Mu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah bener banget, mas :)
      aamiin :')

      Hapus
  8. Subhanallah..
    begitu besarnya mahar, bukan hanya cuma Islam dalam kata2, tetapi keIslaman dalam sepenuh hati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, kawwann! setuju sekali :))

      Hapus
  9. subhanallah... coba jaman sekarang ada yang seperti Ummu Sulaim, yang maharnya paling mahal yaitu keislaman Abu Thalhah.

    kisahnya menginspiratif, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, coba aja ada ya, mas ^^ *ngebayanginIshmahygkayaUmmuSulaim :D maaksih mas

      Hapus
  10. hmmm....

    Minta mahar apa?
    jwabnya: terserah akhi saja heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwah, Subhanallah, *duh! bahagianya yang baru nikah~

      Hapus
  11. Subhanallah, jadi pengen nikah, #eh >.<

    aku setuju banget sama kalimat ini "Jika kita mencintai orang yang mencintai Allah... Maka orang itu akan menuntun cinta kita agar bermuara pada kecintaan kepada Allah pula."

    dan sejauh ini sudah membuktikan, semua jadi lebih baik . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaah, geura nikah gih *hushshushnikahnikah!!

      Subhanllah,

      Alhamdulillah ^^ senengnya~

      Hapus
    2. eittsss, nungguin tiket dulu dong, ahahahahah . :p

      seneng sih, tapi kapan nikah? #baliklagi #pertanyaannya . XD

      Hapus
    3. Ishmah kasih aja tiketnya?

      *masihbanyaknihtiketparkirdikantong

      *duh yang lagi dilanda badai monica!

      Hapus
    4. hush, kamu kan bukan Allah . :3
      yang berhak kasih tiket 'itu' kan cuma Allah ish . :3

      yeeee, kan lebih bahagia lagi klo dihalalkan . :p

      Hapus
    5. Kan ishmah bilang tiket parkir kak -,- *huaa


      Nyanyi lagu "kubahagia~……"

      Hapus
    6. ya masak nikah pakek tiket parkir ish >.<

      stop jangan nyanyi, fals tau :P

      Hapus
    7. emang kita bukannya mau parkir ya, kak? :D

      *langsungberhentinyanyi

      Hapus
    8. markirin hati gitu? aciyaaaaa . akakakakakak

      Hapus

Jangan bosan untuk berkunjung dan memberikan saran buat Ishma, yah! :)

 

Testing dulu:

  • Copyright © Bimualir™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.