Check dulu

SEO Reports for ishmaryam.blogspot.com Pagerank

Senin, 09 Juni 2014

Filled Under: , ,

NEBU-Asma

islami sakit sharing
Asma adalah penyempitan pada saluran pernapasan.
Sesuatu yang sempit itu rasanya sesak. Asma sering juga disebut sesak napas, mungkin itulah alasannya. Dipengaruhi juga oleh faktor gen. Faktanya adalah paman dari Ibu Ishmah pun mengidap Asma. Dipengaruhi juga oleh faktor gen. Faktanya adalah, adik Ishmah mengidap penyakit ini pula. Tetapi tentu semua ini kembali pada sang Maha Kuasa.

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya (HR. Bukhori)
Ketika pohon menggugurkan daunnya, merepotkan. Sangat merepotkan. Sebabkan penyapu jalanan berkerja lebih. Daun-daun yang disapu menjadi berkali lipat dari biasanya. Ketika pohon menggugurkan daunnya, daun yang jatuh ke tanah menjadi sangat banyak tentunya.

Menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya

Maka ketika dosa itu gugur seperti pohon yang menggugurkan daunnya, artinya bahwa dosa itu akan pergi dari diri kita dengan jumlah yang banyak. Bersyukurlah hamba yang Allah gugurkan dosanya.

Adalah Allah yang membuat penyakit dan mnyembuhkannya. Adalah Allah yang memberi manusia akal untuk pelajari ilmu-Nya. Pengetahuan umum, hal ini telah jadi pengetahuan umum. Tetapi karena terlalu umum, kadang tenggelam. karena yang biasa muncul di permukaan adalah sesuatu yang khusus. 

~~~
Nebulizer.Nebu. Begitu tulisannya, begitu pula bacaannya. Tidak jauh-jauh dari pembahasan di atas Nebulizer adalah salah satu bentuk dari hasil kerja akal manusia yang dicipta Tuhannya. Menggunakan corong untuk memudahkan seseorang yang terkena asma agar mudah bernapas. Pengobatannya pun melalui saluran pernafasan itu sendiri. 

Di rumah, karena  pada suatu waktu adik Ishmah bisa kambuh asmanya cukup parah dan cukup sering kami membeli alat tersebut, nebu. Tidak perlu-banyak-banyak, cukup satu saja nebunya. Memang belakang nebu ini terasa sekali manfaatnya, jika biasanya kami hanya mengandalkan obat yang diminum sekarang tentu kami mengandalkan alat ini. Jika ada yang bertanya, "kapan terkahir alat ini dipakai?" kemarin malam.

Ishmah sendiri pernah mencoba menggunakan nebu. Sistem kerja nebu ini seperti alat oksigen yang banyak kita tonton di tipi-tipi, tapi tidak menggunakan tabung. Jadi, alat ini mengubah obat cair dan air khusus menjadi oksigen. Dihubungkan melalui selang kecil ke corong yang berfungsi untuk memudahkan pengidap asma kelak menghirup udara dalam corong tersebut, tenang saja, pada corong tersebut terdapat lubang untuk pertukaran udara tentunya.

~~
Sebelum kita berpikir untuk menjadi sakit, mari kita buka lembaran-lembaran hadist berikutnya,
Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah dari mukmin yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan merasa malas, dan apabila engkau ditimpa sesuatu maka katakanlah, "Qodarullah wa maa syaa'a fa'al, Telah ditakdirkan oleh Allah dan apa yang Dia kehendaki pasti terjadi ".(HR. Muslim)
Kita akan bold pada kalimat
Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah dari mukmin yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan
Bahwa mukmiin yang kuat lebih dicintai dari mukmin yang lemah, dimana  ialah kuat sangat berkaitan dengan sehat.  

Tetapi yang Maha Adil menunjukkan keadilan-Nya dengan katta berikutnya
dan masing-masing memiliki kebaikan

Sungguh, bukankah sudah sepantasnya bila Sang Maha Pemilik ilmu mengulang-ngulang sebuah ayat pada Q.S Ar-Rahman?

Maka nikmat Tuhanmu yang mana  yang kamu dustakan?

Bersyukur! Kami bersyukur padaMu, Duhai yang Maha Pemurah.




- BIMUALIR

maryam ishmatullah

Author & Editor

Vakum sementara karena udah kelas 3 SMA ^^.

64 opini:

  1. dan, malam ini ishma update postingan soal asma,... nebu nih yg klo dinyalain kliatan berasap-asap gitu bukan ish ?,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan malam ini mas umar pertamax lagi~ apaan tuh,mas? *benerangakepikir yg ishmah tahu nebu itu untuk buat gula..

      Hapus
    2. tebu Mbak yang buat gula.
      kalo nebu pasti buat ngula.

      Hapus
    3. Hahay.. Baru nyambung waktu hahbisa baca komennya kakchi.. Kirain lagi main kata.. Iya mas umar^^ si nebu ini ngeluarin asap :D

      Hapus
  2. Subhanallah.., great share dhek Ish (~_~). Sangat berguna...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau berguna, Mas Bob.. Meskipun Ishmah ga yakin :D

      Hapus
  3. oh... jadi nama alatnya nebu yia bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah mas zach.. Padahal kan yg jadi bos bukan mas zach.. Tapi Ishmah ^^

      Yup.. Benar anak sayur ^^

      Hapus
  4. mungkin maksudnya si kak umar tuh alat uap ish, yg biasanya debay klo batuk apa pilek suka di-uapin, kamu paham ndak ish? >.<

    kamu asma ish?
    yeh, suka sebel sama gregetan juga sih klo denger atau baca 'asma' #ah,lupakan . :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejujurnya maksud kak chi ishmah ga paham.. Tapi karena kakchicoba ngasih tahunya kaya gitu ishmah jadi paham maksud pertanyaan mas umar :D

      Kakchi mah kelihatan kagak bacanya -,- yang asma itu adik ishmah...

      Jiaah duh! Pasti itu ceritanya asma nya berubah haluan dari penyakit jadi sebuah nama... M****n

      Hapus
    2. astaghfirulloh ish, dari beberapa tahun yang lalu klo aku udah komen itu berarti aku udah baca full artikelnya, klo aku gak komen itu berarti aku gak baca >.<

      coba baca kalimatmu yang ini
      -Ishmah sendiri pernah mencoba menggunakan nebu-
      makanya aku nanyak, kamu 'asma ish?' >.<

      kok pinter?
      tabok mesra dulu sinih . :D

      Hapus
    3. ya Allah, kak.. maapin Ishmah (lagi-lagi) :(

      aissh Ishmah ini emang dasar yah! engga kak.. Ishmah ga asma :)

      itu ceritanya dapat hidayah tiba-tiba,,

      Hapus
    4. aku mau memaafkanmu, asal kamu memenuhi syaratku (*jengg jeengg)

      belikan aku ice cream dan coklat . :3
      wkwkwkwkwk

      makanya klo ada yang komen baca ulang artikelmu, kata-kata mana yang bisa memunculkan pertanyaan itu . :P

      sudah jangan dilanjutkan, :D

      Hapus
    5. halah2 iki chikita sing hobine ngeyel wkwkw pisss *kaborrrrrrrrrrrr* :v :P

      Hapus
    6. ice cream dan coklatnya dalam bentuk jpeg aja, mau?

      iya kak .-.

      oke.. ga akan Ishmah lanjutkann

      Hapus
    7. Ishmah ga jawab komenannya kak rahma yaa :D

      Hapus
    8. ah, gamau ah, mau nyarik gretongan tempat lain aja deh :-)

      gapap keleus ma, ini aku, ya ini aku kek gini ini, masalah? wkwkwkwk :>)

      Hapus
    9. kakchi ini punya banyk kosakata ya.. "gretongan" itu apa lagi, coba? :-?

      wkkw,, mantap! (h)

      Hapus
    10. the meaning of gretongan is gratisan, wkwkwkwk :-d

      nantik kamu pasti bakal nemu kosakata kok, kosakata dunia lain :-#

      Hapus
    11. ya ampun, bahasnaya bikin @-)

      itu maksudnya opo toh? :-s

      Hapus
    12. nantik klo uda tau gini pasti dipakek deh buat ngomong :d

      sudah ah, abaikan aku lagi ngawur aja, wkwkwkwkwk =p~

      Hapus
  5. alat ini kalo dibawa kemana-mana, praktis nggak ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dibandingkan dengan tabung oksigen ala rumahsakit yang super GD itu, tentu jauh lebih praktis, Mas Zach :D tapi emang kalau pembandingnya inhaler, lebih praktis inhaler... cuman inhaler itu (setelah adik Ishmah coba) katanya ada pengaruh jeleknya, jadi dihentikan ^^

      Hapus
  6. terus terang, saya baru tahu tuh istilah atawa alat Nebulizer.Nebu ini...fungsinya sama kaya tabung oksigen yah..

    makasih info dan sharingnya...


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mirip2 lah ^^

      Sama-sama Mas Muroi :)

      Hapus
  7. wah, saya baru tau kalau nama alat semacam itu Nebulizer setelah baca postingan dan komen2 di sini....
    Alhamdulillah nambah ilmu.. :)

    dan juga baru tau kalau Ishma punya penyakit turunan, semoga ada hikmahnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kalau gitu Mas JIM ^^

      iya, mas.. INsyaAllah banyak hikmahnya :)

      Hapus
  8. alatnya serem, emangnya itu asmanya udah parah ya mbak? biasanya kan ada alat yang biasa buat asma, yang itu lo bisa dibawa kmana2 tinggal semprot (masku juga makek soalnya)
    semoga adiknya cepet sembuh ya, dan semoga dengan sakit tersebut adik mbak isma diruntuhkan semua dosa2nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayanlah, kak Rahma^^

      iya, adik Ishmah juga pernah make inhaler-alatyangdisebutkakrahma tapi katanya ada pengaruh buruknya :) jadi dihentikan

      aamiin :') *terharu

      Hapus
    2. nah iya bener in-haler maksudnya wkwkw lupa sih namanya,ventolin itu loh dek,,, (tak panggil dek aja yah ) ^^
      loh iya ta?apa tuh pengaruh buruknya dek?

      Hapus
    3. sebenarnya Ishmah gatau kak :D

      setelah browsing, katanya pada gen tertentu malah bisa membuat penderita asma main seing kambuh asmanya

      Hapus
    4. iya itu efek buruknya in-haler, in-haler sebenernya kan ada untuk meringankan si asma, tapi dalam penggunaan jangka panjang, in-haler justru makin ngebuat si asma itu suka dateng tanpa diundang..

      ah, sudah jadi..... :-?

      Hapus
    5. adekmu jangan suru pakek in-haler ya ish, jangan deh ciyusan, klo obat okelah klo pas kambuh banget aja tapi, klo biasa-biasa aja suru tarik nafas keluarin nafas biasa, setahuku obatnya itu juga bikin ketergantungan, terus usahain biasa sama dingin ya ish, aku ngerti soalnya, gimana bikin seremnya klo ada yang asma kambuh @-)

      Hapus
    6. kak chi.. mantap banget ituh! :o kakchi berpengalaman sama penyakit asma?

      Hapus
    7. bukan berpengalaman sih, cuma seperti yang kataku di atas,pernah setahun lebih ngedampingin yang punya asma #cieh

      terus sepupuku juga gitu, alhamdulillah sekarang sepupu aku uda pada sembuh setelah ninggalin in-haler sama ngurangin konsumsi obatnya . :)
      kali aja adekmu bisa sembuh juga ish,semogaa.. amiinn :)

      Hapus
    8. piwwit!! x-)

      wahh, semoga aja adik Ishmah bisa sembuh kaya sepupu kakak. :)

      Hapus
    9. amiinn...
      renang juga tuh diseringin, hehehe..

      Hapus
    10. wah, bener lagi, kak! Ayah Ishmah memang biasain si Hafidz buat berenang :D

      Hapus
    11. terus kamu ikutan renang nggak ish?
      jangan deh ya ntar tinggi . :D

      Hapus
    12. kalau dulu sih ikutan.. tapi belakangan, males :D

      emang kenapa kalautinggi, kak? bagus dong kalau tinggi :-?

      Hapus
    13. klo kamu tambah tinggi, lha terus aku makin di panggil adek dong :D #mudengnngak? :P

      Hapus
    14. nah, mengeceku apa pulak? mengejekkah?

      Hapus
  9. Hohoho kalo liat Ventolin jjadi inget Asma :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas dary seo tahu juga obat-obat asma, yah?

      BTW, judul post ini kan ada asma-nyah, maksud Ishmah harusnya inget sama asma dari awal baca judulnya *abaikansajaini

      Hapus
    2. itu si om kak dary kan membaca memindai detected, wkwkwkwk :>)

      Hapus
    3. wkwk :-) ishmah diem aja, ya Mas Dary.. kakchi yang ngomong :>)

      Hapus
  10. nyimak aja mbak,, alhamdulillah aku nggak ada penyakit yg begituan :)

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. wwah,semoga selalau sehat dan ga kambuh2 yah, mas ario.. asmanya ^^

      Hapus
  12. dulu ketika saya di RS merasa kasihan ketika melihat penderita asma kambuh, sangat susah nafasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Ishmah juga kasihan lihat adik Ishmah kalau lagi kambuh.. ;((
      wah, sekarang udah ga di RS lagi, ya?

      Hapus
  13. itu Obat Herbal untuk Asma ya Ishmah ? ... koq baru tau ya aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. herbal dari tumbuhan ya kan, pak guru? kalau iya, itu bukan obat herbal pak :)

      Hapus
  14. istri saya jg kena asma dari riwayat ibu dan neneknya. . .;((
    thank's dh berbagi. . .
    follback sukses Ishma

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, salam deh buat istrinya.. semoga cepat sehat gituh :)
      sipp makasih :)

      Hapus

Jangan bosan untuk berkunjung dan memberikan saran buat Ishma, yah! :)

 

Testing dulu:

  • Copyright © Bimualir™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.